A. MANUSIA
SEBAGAI PELAKU KOMUNIKASI
1.
Definisi Manusia
Manusia
adalah makhluk hidup yang berakal budi. Berdasarkan aliran materialism,
keberadaan manusia adalah pada fisiknya. Berdasarkan aliran idealism, keberadaan manusia adalah pada ide. Berdasarkan aliran
eksistensialisme, keberadaan manusia ada pada eksistensinya.
2.
Ethos, Pathos, Logos
Ethos
adalah sumber kepercayaan yang ditunjukkan oleh seorang komunikator bahwa ia
memang pakar dalam bidangnya, sehingga oleh karena ia seorang ahli, maka ia
dapat dipercaya. Pathos adalah
tampilan emosi, komunikator harus pas memunculkan semangat dan gairah
berkomunikasi. Logos adalah
argumentasi komunikasi harus masuk akal.
3.
Komunikator Humanistis
Komunikator
yang baik adalah komunikator humanistik, yaitu diri seseorang yang unik dan
otonom, dengan proses mental mencari informasi secara aktif, yang sadar akan
dirinya dan keterlibatannya dengan masyarakat, memiliki kebebasan memilih, dan
bertanggung jawab terhadap perilaku yang diakibatkan. Seorang komunikator
humanistik harus berpribadi, unik, aktif, serta sadar diri dan keterlibatan
sosial.
B. TEKNOLOGI
KOMUNIKASI
1.
Apakah Teknologi itu Netral?
Teknologi
meniptakan manfaat positif yaitu dengan mengatasi hambatan jarak dan waktu (Global Village) dan manfaat negatif
yaitu menciptakan ketergantungan (Global
Pillage).
2.
Teknologi Komunikasi dan Masyarakat
Informasi
Ada
sejumlah faktor yang mendorong terbentuknya masyarakat informasi seperti
konvergensi teknologi, berkembangnya internet, digitalisasi, konvergensi media,
dan merger industry.
3.
Ekses Teknologi Komunikasi
Pengaruh
negatif dari perkembangan teknologi antara lain adalah perubahan gaya hidup,
tantangan karier, perubahan regulasi, dan pergeseran kekuatan.
4.
Paradigma dalam Teknologi Komunikasi
-
Determinisme Teknologi
-
Fenomenologi Teknologi
-
Otoriterianisme
-
Liberalisme
-
Tanggung Jawab Sosial
C. KOMUNIKASI
EFEKTIF DAN STRATEGI KOMUNIKASI
Kesuksesan tidak akan pernah diperoleh tanpa
penguasaan keterampilan komunikasi yang efektif.
1.
Hukum Komunikasi Efektif
-
Respect
-
Emphatic
-
Audible
-
Clarity
-
Humble
2.
Hambatan Komunikasi
-
Gangguan komunikasi
-
Kepentingan
-
Motivasi terpendam
-
Prasangka
3.
Evasi Komunikasi
-
Menyesatkan pengertian
-
Mencacatkan pesan komunikasi
-
Mengubah kerangka referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar