Senin, 11 April 2016

TEMA POKOK DALAM FILSAFAT DAN FILSAFAT KOMUNIKASI



A.    MANUSIA SEBAGAI PELAKU KOMUNIKASI
1.      Definisi Manusia
Manusia adalah makhluk hidup yang berakal budi. Berdasarkan aliran materialism, keberadaan manusia adalah pada fisiknya. Berdasarkan aliran idealism, keberadaan  manusia adalah pada ide. Berdasarkan aliran eksistensialisme, keberadaan manusia ada pada eksistensinya.
2.      Ethos, Pathos, Logos
Ethos adalah sumber kepercayaan yang ditunjukkan oleh seorang komunikator bahwa ia memang pakar dalam bidangnya, sehingga oleh karena ia seorang ahli, maka ia dapat dipercaya. Pathos adalah tampilan emosi, komunikator harus pas memunculkan semangat dan gairah berkomunikasi. Logos adalah argumentasi komunikasi harus masuk akal.
3.      Komunikator Humanistis
Komunikator yang baik adalah komunikator humanistik, yaitu diri seseorang yang unik dan otonom, dengan proses mental mencari informasi secara aktif, yang sadar akan dirinya dan keterlibatannya dengan masyarakat, memiliki kebebasan memilih, dan bertanggung jawab terhadap perilaku yang diakibatkan. Seorang komunikator humanistik harus berpribadi, unik, aktif, serta sadar diri dan keterlibatan sosial.
B.     TEKNOLOGI KOMUNIKASI
1.      Apakah Teknologi itu Netral?
Teknologi meniptakan manfaat positif yaitu dengan mengatasi hambatan jarak dan waktu (Global Village) dan manfaat negatif yaitu menciptakan ketergantungan (Global Pillage).
2.      Teknologi Komunikasi dan Masyarakat Informasi
Ada sejumlah faktor yang mendorong terbentuknya masyarakat informasi seperti konvergensi teknologi, berkembangnya internet, digitalisasi, konvergensi media, dan merger industry.
3.      Ekses Teknologi Komunikasi
Pengaruh negatif dari perkembangan teknologi antara lain adalah perubahan gaya hidup, tantangan karier, perubahan regulasi, dan pergeseran kekuatan.
4.      Paradigma dalam Teknologi Komunikasi
-          Determinisme Teknologi
-          Fenomenologi Teknologi
-          Otoriterianisme
-          Liberalisme
-          Tanggung Jawab Sosial
C.     KOMUNIKASI EFEKTIF DAN STRATEGI KOMUNIKASI
Kesuksesan tidak akan pernah diperoleh tanpa penguasaan keterampilan komunikasi yang efektif.
1.      Hukum Komunikasi Efektif
-          Respect
-          Emphatic
-          Audible
-          Clarity
-          Humble
2.      Hambatan Komunikasi
-          Gangguan komunikasi
-          Kepentingan
-          Motivasi terpendam
-          Prasangka
3.      Evasi Komunikasi
-          Menyesatkan pengertian
-          Mencacatkan pesan komunikasi
-          Mengubah kerangka referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar