Minggu, 10 April 2016

Bab 4. Hakikat Filsafat Komunikasi



Bab 4. Hakikat Filsafat Komunikasi
Kezia/ 14140110199

Proses komunikasi dapat dilihat dari 2 perspektif besar;
Psikologis : hendak memperlihatkan bahwa komunikasi adalah aktivitas psikologi sosial yang melibatkan komunikator, komunikan, isi pesan, lambang, sifat hubungan, persepsi, proses decoding, dan encoding.
Mekanis : memperlihatkan bahwa proses komunikasi adalah aktivitas mekanik yang dilakukan oleh komunikator.
Menurut Prof. Onong Uchjana Effendi (2003: 321), filsafat komunikasi adalah suatu disiplin yang menelaah pemahaman (verstehen) secara lebih mendalam, fundamental, metodologis, sistematis, analitis, kritis, dan komprehensif teori dan proses komunikasi yang meliput segala dimensi menurut bidang, sifat, tatanan, tujuan, fungsi, teknik, dan metode-metodenya.
Pemikiran Richard L. Lanigan :
1.       Apa yang aku ketahui (masalah ontologi atau metafisika)
2.       Bagaimana aku mengetahuinya? (masalah epistemologi)
3.       Apakah aku yakin? (masalah aksiologi)
4.       Apakah aku benar? (masalah logika)

Metafisika :
 Studi tentang sifat dan fungsi teori tentang realitas. Hal-hal yang direfleksikan dalam metafisika : sifat manusia dan hubungannya dengan alam, sifat dan fakta kehidupan manusia, problema pilihan manusia, dan soal kebebasan pilihan tindakan manusia.
Epistemologi :
Cabang filsafat yang menyelidiki asal, sifat, metode, dan batasan pengetahuan manusia. Proses epistemologi menggunakan metode ilmiah, dan metode ilmiah pada dasarnya dilandasi :
1.       Kerangka pemikiran yang logis.
2.       Penjabaran hipotesis yang merupakan deduksi dan kerangka pemikiran.
3.       Verifikasi terhadap hipotesis untuk menguhi kebenarannya secara faktual.
Aksiologi :
Cabang filsafat yang ingin merefleksikan cara bagaimana menggunakan ilmu pengetahuan yang diperoleh. Lanigan berpendapat bahwa aksiologi adalah studi etika dan estetika. Dapat dikatakan bahwa aksiologi adalah kajian tentang nilai manusiawi dan bagaimana cara mengekspresikannya.
Logika :
Cabang filsafat yang menelaah asas dan dasar metode penalaran secara benar dalam hal ini cara berkomunikasi secara lebih baik dan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar