Minggu, 29 Mei 2016

Privasi dan Kerahasiaan/ Konfidentialitas dalam Etika Komunikasi dan Kepentingan Umum

PERTEMUAN KE 10
FELLISIA 14140110205



Pengertian Privasi  
          

          Hak untuk dibiarkan atau hak untuk mengontrol publikasi yang tidak diinginkan tentang urusan personal seseorang.


 Pengertian konfidensialitas


          Kewajiban untuk menyembunyikan nama narasumber informasi atau informasi itu sendiri dari pihak ketiga dalam kondisi tertentu. Dengan demikian,, privasi berkaitan dengan orang pertama ( komunikator), sendangkan konfidensialitas terletak pada orang kedua ( komunikan).

Privasi sebagai Nilai :

-> Privasi memberikan kemampuan untuk menjaga informasi pribadi yang bersifat rahasia sebagai dasar pembentukan otonomi individu.

-> Privasi dapat melindungi dari cacian dan ejekan orang lain, khususnya dalam masyarakat dimana toleransi masih rendah, dimana gaya hidup dan tingkah laku aneh tidak di perkenalkan.

-> Privasi merupakan mekanisme untuk mengontrol reputasi seseorang.

-> Privasi merupakan perangkat bagi berlangsungnya interaksi social.

-> Privasi merupakan benteng dari kekuasaan pemerintah.

Konfidensialitas sebagai Nilai :

            ->Kemampuan untuk menyimpan rahasia merupakan perwujudan otonomi individu.

            -> Setiap orang butuh ruang pribadi. Konfidensialitas mewujudkan ruang pribadi.

            -> Konfidentialitas menumbuhkan rasa saling mempercaya.

            -> Konfidentialitas penting untuk mencegah tindakan menyakiti orang lain.

            -> Konfidentialitas merupakan sarana untuk mewujudkan tujuan kelompok social.

Problematika Privasi :

            ->Penyakit Menular :  Kasus penyakit menular seperti AIDS memanag memiliki nilai berita yang tinggi namun menurut day hal tersebut tidak menjadikannya sebagai nilai kebenaran untuk melangar privasi.

            -> Homoseksual : Orientasi seksual seseorang menurut Alvin Day tetap merupakan urusan privat. Kata kunci untuk menghormati privasi orang yang orientasi seksual homo adalah dengan mengukur relevansi penyebutan homo dengan keseluruhan produk media tersebut.

            -> Korban Kejahatan Seksual : Pelanggaran privasi korban kejahatan seksual sering kali dilakukan oleh media masa. Media seringkali mengangkat isu kekerasan seksual sebagai komoditas yang layak untuk dijadikan sebagai urusan public.

            -> Tersangka di Bawah Umur : Pelangaran hukum di bawah umur perlu dilindungi privasinya karena sistem hukum pidana bagi anak di bawah umur itu sendiri tidak bertujuan sebagai hukuman tetapi lebih sebagai rehabilitasi.

            -> Bunuh diri : Kajian privasi pada bunuh diri didasarkan bahwa tiap orang memiliki hak untuk meninggal secara terhormat. Karena itu peristiwa bunuh diri merupakan bagian dari privasi seseorang karena begitu peristiwa itu terpublikasi, maka yang bersangkutan beserta segenap keluarganya akan kehilangan rasa hormat dari orang lain.

            -> Kamera dan Rekaman Tersembunyi :Upaya Investigatif seperti demikian namun dengan catatan bahwa muara dari upaya tersebut adalah demi kepentingan  public.

Problematika Konfidensialitas :

Konfidensialitas dan kepentingan umum
          
  Konfidentialitas boleh dilangar kecuali dalam praktik jurnalisme. Sedangkan pers atas alasan apa pun tidak boleh melanggar konfidentialitas, selain menyalahi hukum pers, pelanggaran tersebut akan menjatuhkan kredibilitas media tersebut.

            Secara umum, Kerahasian adalah sebuah status atau keadaan dimana hal hal tertentu menjadi tertutup bagi pihak pihak yang tidak seharusnya memiliki akses dan meliputi semua hal yang besifat lisan maupun tertulis, mengenai suatu hal yang terjadi sebelumnya ataupun yang di rencanakan.



Tanggung jawab Etis Media/Pers

          
            Secara umum, Kerahasiaan adalah sebuah status atau keadaan dimana hal hal tertentu menjadi tertutup bagi pihak pihak yang tidak seharusnya memiliki akses dan melupiti semua hal yang bersifat lisan maupun tulisan mengenai suatu hal yang terjadi sebelumnya ataupun yang direncanakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar