Rabu, 25 Mei 2016

Media Literacy (Melek Media) dan Tanggungjawab Individu dalam Bermedia (Pertemuan 12)

Dzikra Fanada
14140110240
Kelas B




A. Apa itu Literasi media

Menurut James W. Potter dalam bukunya Media Literacy 6th Edition mengartikan literasi media sebagai sekumpulan perspektif yang kita gunakan secara aktif saat memakai media, guna mengartikan atau memaknai pesan yang kita dapatkan. Untuk dapat melakukan literacy media diperlukan kemampuan memahami makna berbagai pesan, mengatur makna tersebut sehingga berguna, dan kemudian menyusun pesan untuk menyampaikan makna tadi pada orang lain.

B. Pentingnya Literasi Media 

Ada beberapa faktor atau alasan yang menjadikan literasi media begitu penting
1. Adanya Kejenuhan atas banjirnya informasi
2. Masyarakat yang terus menerus terpapar media
3. Masalah informasi

C. Isu-isu Dalam Media Literasi

Beberapa isu yang muncul mengenai literasi media, khususnya di Indonesia, adalah bagaimana sebenarnya literasi media di Indonesia? Maksudnya adalah sudah dalam tahap apa atau sedalam apa masyarakat Indonesia sudah mengerti dan memahami mengenai literasi media.
Pada dasarnya, Indonesia termasuk negara yang tingkat melek media nya masih rendah. Beberapa mengatakan hal ini karena rendahnya pendidikan media di Indonesia sehingga masyarakat hanya “memakan” apa yang media mainstream berikan. Beberapa juga berpendapat bahwa alasan nya terdapat dari diri sendiri dan lingkungan. Bagaimana lingkungan membentuk diri setiap manusia juga berpengaruh terhadap seberapa besar seseorang telah memahami literasi media.
Permasalahan ini biasanya terjadi pada masyarakat yang secara ekonominya rendah, juga tidak peka, dan hal ini juga terjadi pada anak-anak. Dewasa ini, di Indonesia, banyak anak yang sudah memegang gadgetnya masing-masing seolah barang tersebut adalah barang yang sepantasnya dipegang oleh anak yang bahkan masih duduk di bangku sekolah dasar.
Namun, kurang nya pendidikan mengenai media juga kurangnya bimbingan dari orang tua dan guru, anak-anak saat ini banyak yang menerima informasi secara tidak tuntas atau hanya setengah-setengah.

D. Mengembangkan Kemampuan Literasi Media 

Ada 12 pendekatan yang diberikan oleh James Potter terkait peningkatan kemampuan literasi media. 12 pendekatan tersebut antara lain sebagai berikut.
1. Memperkuat nilai-nilai personal Anda
2. Berfokus pada kegunaan sebagai tujuan
3. Kembangkan kesadaran yang tepat dari eksposur Anda
4. Miliki pemahaman yang luas tentang pengetahuan yang berguna
5. Pikiran tentang program yang realitas atau fantasi secara berkelanjutan
6. Periksa petunjuk mental
7. Periksa opini Anda
8. Ubah perilaku
9. Buat perbandingan Channel
10. Tingkatkan kemampuan mendesain pesan
11. Jangan memberikan hal-hal privasi
12. Ambil tanggung jawab pribadi.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar