Minggu, 27 Maret 2016

FILSAFAT: Sebuah Perkenalan Singkat







Anisa Novianti
14140110207







Sebelumnya, filsafat ini dibentuk dari bahasa Yunani Kuno yaitu “philos” yang artinya cinta dan “sophis” yang artinya pengetahuan atau kebenaran sehingga secara umum kata filsafat diartikan “cinta pada pengetahuan”.
Berfilsafat diawali dari rasa ingin tahu, keraguan, dan selalu bertanya-tanya terhadap suatu fenomena/objek. Dalam kajian ini, seseorang tidak menerima sesuatu sebagaimana adanya, tetapi terus mempersoalkan dan mempertanyakan.

Metode yang digunakan dalam berfilsafat antara lain adalah metode kritis, intuitif, skolastik, geometri, dialektis, transcendental, empiris, fenomenologi hermenuitis, dan analisis bahasa. Disamping itu, ciri-ciri orang yang berfilsafat adalah berfikir secara filosofis. Maksudnya dari kalimat sebelumnya adalah berpikir dengan hati-hati dalam penalaran dan penarikan kesimpulan. Selain itu, dalam berfilsafat juga berfikir konsisten dan sistematis dimana berfikir haruslah urut antara satu gagasan dengan gagasan lainnya serta berfikir dengan mengikuti aturan dan alur tertentu.

Tentu dalam segala hal terdapat menfaatnya, khususnya dalam berfilsafat. Walaupun bersifat abstrak, tetapi berfilsafat memiliki manfaat yang luas dan berjangka panjang. Berfilsafat juga melatih diri kita untuk berfikir kritis dan intelektual, mampu melihat segala susuatu dari berbagai sudut pandang, dan mampu mengasah kemampuan kita dalam penalaran. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar