Minggu, 27 Maret 2016

BAB 3: FILSAFAT ILMU PENGETAHUAN


                Pengetahuan adalah persepsi subyek (manusia) atas obyek (riil), sedangkan Ilmu pengetahuan adalah akal sehat yang tertata. Pengetahuan adalah seluruh pemikiran, gagasan, dan pemahaman yang dimiliki manusia tentang dunia dan segala isinya, termasuk manusia dan kehidupannya. Mitos dan pengetahuan pra-ilmiah sebagai jawaban atas berbagai masalah yang dihadapi manusia. Tatkala jawaban yang diberikan mitos dan pengetahuan sehari-hari itu tidak lagi memuaskan, muncul upaya untuk menjelaskan fenomena alam dengan penjelasan rasional dan kemudian penjelasan yang didasarkan atas pengalaman untuk memberikan jawaban terhadap fenomena alam dan pengalaman hidup manusia. Pengetahuan (knowledge) lebih luas dari pengetahuan ilmiah (science).

            Filsafat dikatakan sebagai ilmu pengetahuan karena filsafat merupakan induk dari semua ilmu pengetahuan dan mempunyai peranan yang mendasar dalam sebuah pendidikan. Keberadaan filsafat yang berasal dari pemikiran seseorang yang dapat mempengaruhi aspek hidup manusia secara tidak perseorangan diakui keberadaannya, dikarenakan sifatnya yang sangat rasional dan merupakan buah pemikiran yang berdasarkan empiris yang dilakukan oleh para filosof sehingga menghasilkan suatu kebenaran yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan nyata.

            Ciri ilmu filsafat yang membedakan dengan ilmu lain adalah filsafat membahas ilmu secara synopsis (menyeluruh), filsafat itu mendasar atau membahas tuntas dari awal, filsafat selalu menanyakan sesuatu dibalik persoalan yang dihadapi oleh ilmu (spekulatif) tersebut, menetapkan dan mengendalikan pada pikiran rasional dan berusaha mencari kebenaran. Beberapa aliran filsafat yang merupakan pemikiran-pemikiran para filosof dan berkembang dalam masyarakat dan mempraktekannya, seperti Empirisme yaitu menekankan pada pengalaman dan penghayatannya terhadap dunia kehidupan. Rasionalisme adalah pemikiran dan pertimbangan terhadap akal sehat. Sedangkan idealisme adalah pemikiran yang berdasarkan ide, materi, dan perkembangan pada pemikiran jiwa dan raga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar