Kamis, 24 Maret 2016

Apa itu filsafat?

Kezia Mariska - 14140110212
Pertemuan 1 - 16 Februari 2016

Sumber Gambar: http://amateur-dumby-writer.blogspot.co.id/2013/09/sejarah-dan-perkembangan-filsuf-filsuf.html

Kata filsafat berasal dari bahasa Yunani kuno, yaitu Philosophia atau Philosophos. Philos berarti cinta dan Sophia berarti pengetahuan, kebenaran, atau hikmat-kebijaksanaan. Filsafat juga dapat berarti mencari tanpa henti (olah pikir) pengetahuan, ragam gagasan, ide, atau konsep dasar.

Filsafat mulai berkembang sejak 2500 tahun yang lalu di Yunani. Pada saat itu, kaum sofis atau kaum pemikir bersikap skeptis dan dianggap ironi oleh masyarakat yang lain. Kaum sofis selalu meragukan segala kebenaran. Kaum sofis juga dikenal dengan kepandaian mereka beragumentasi dan selalu tampak benar sehingga sulit untuk mengalahkan argumen mereka.

Filsafat dimulai dengan mempertanyakan Tuhan, alam semesta, dan manusia. Filsafat dilakukan sebagai aktivitas untuk mempertanyakan sesuatu yang menjadi dambaan atau kekurangan. Mereka yang mempertanyakan suatu hal dianggap ‘haus’ untuk memperoleh sebuah jawaban. Mereka merasa bahwa masih ada yang tidak tuntas dan tidak utuh.

Filsafat tidak berhubungan dengan hal detail. Filsafat membahasa sesuatu hal secara menyeluruh dan umum. Proses berfilsafat ditunjukkan saat seseorang merasa heran, ingin tahu akan sesuatu, bertanya-tanya, berspekulasi, dan mempersoalkan suatu realitas.

Sumber:
Pembahasan bersama di pertemuan pertama, Selasa, 16 Februari 2016
Slide (Materi ajar yang diberikan)
Fotokopi paper dengan judul "Pengertian, Perkembangan, dan Masalah Dasar Filsafat" (Bab 1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar