Senin, 28 Maret 2016

Ilmu Pengetahuan dalam Perspektif Ontologis

            Ontologi merupakan studi mengenai sesuatu hal yang benar-benar ada kenyaataannya, dan juga ontologi seniri merupakan kajian filosofis yang paling kuno. Mengingat bahwa pada masa itu sulit untuk membedakan antara apa yang tampak dengan apa yang sesungguhnya. Secara umumnya saja ontologi bisa dirumuskan sebagai ilmu yang mempelajari realitas atau kenyataan konkret secara kritis.
Perkembangan dari filsafat pertama yaitu metafisika yang menggunakan bahasa natural sampai kepada filsafat alam yaitu fisika, yang menggunakan bahasa formal yang memiliki tujuan yang sama, yakni memahami hakikat realitas menurut suatu hukum akal budi yang bersifat universal atau yang disebut dengan Ontologi.
            Terdapat pula beberapa jenis klasiffikasi ilmu pengetahuan.
  •    Ilmu alam yang terdiri dari Fisika, Biologi, Kimia dan ilmu bumi, yang masing-masingnya memiliki bagian yang lebih kecil lagi.
  •   Ilmu sosial budaya yang terdiri dari Antropologi, Ekonomi, Ilmu politik, Linguistik atau ilmu bahasa, Psikologi, Sosiologi dan Hukum.
  •    Ilmu Terapan yang terdiri dari Ilmu Komputer dan Informatika dan Rekayasa.


Ilmu Pengetahuan dalam perspektif etis
Etika lebih sering berbicara tentang apa yang boleh dan harus dilakukan dan apa yang dilarang atau yang tidak boleh dilakukan. Etika sendiri merupakan cabang filsafat dikarenakan etika membicarakan tentang kenyataan yang dilihat dari sudut pandang yang lebih bersifat empiris. Seperti apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan, bukan berdasarkan apa yang konkret yang secara faktual.
Teori utama etika terdapat dua, etika teleologis dan etika deontologi. Etika teleologis yang diartikan sebagai suatu perbuatan yang baik jika sesuai pula dengan tujuan kodratnya. Sedangkan etika deontologi muncul sebagai reaksi terhadap pemikiran etika teleologis yang dinilai terlalu inklinatif sehingga menghilangkan kehendak bebas manusia untuk mempertimbangkan sendiri perbuatannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar