Minggu, 27 Maret 2016

ILMU PENGETAHUAN DALAM PERSPEKTIF ONTOLOGIS

Ontology merupakan salah satu kajian filosofis yang paling kuno oleh para filsuf Yunani. Studi tersebut membahas keberadaan sesuatu yang bersifat konkret. Ontology sendiri masuk kedalam bagian dari filsafat ilmu, bersama dengan ilmu yang lain yaitu epistemology dan axiology.
  1. Ontology
·         Membahas tentang apa yang ingin kita ketahui
·         Mempelajari teori yang ada
  1. Epistemplogy
·         Membahas bagaimana kita mendapatkan pengetahuan tentang obyek tertentu
·         Mempelajari teori tentang pengetahuan.
  1. Axiology
·         Membahas nilai kegunaan
·         Mempelajari teori tentang nilai
Secara sederhana, ontology bisa dirumuskan sebagai ilmu yang mempelajari realitas atau kenyataan konkret secara kritis. Dalam perspektif ontologis, awalnya Ilmu Pengetahuan adalah Pengetahuan yang memiliki definisi sebagai persepsi subyek (manusia) atas obyek (real). Setelah itu, defisi tersebut semakin berkembang menjadi sebuah akal sehat yang tertata yang saat ini kita sebut sebagai Ilmu Pengetahuan.
Pengetahuan :
  • Pengetahuan Agama: Wahyu, Iman, Belief (mitos).
  • Pengetahuan Sains: Pengalaman indrawi, Logika, Bahasa, Intuisi, Metode
Ilmu Pengetahuan :
  • Ilmu Alam: Fisika, Biologi, Kimia
  • Ilmu Sosial Budaya: Antropologi, Ekonomi, Ilmu Politik, Linguistik, Psikologi
  • Ilmu Terapan: Ilmu Komputer dan Informatika, Rekayasa

Dapat disimpulkan bahwa melalui fisika, ilmu-ilmu alam berkembang pesat dan semua ilmu lain baru dianggap memiliki ciri ilmiah apabila dibahasakan menurut prinsip-prinsip fisika. Yang menarik ialah bahwa apa yang diklaim sebagai prinsip-prinsip fisika adalah teori, yakni konsep atau model yang digunakan untuk menjelaskan fenomena alam. Karena prinsip-prinsip fisika adalah teori, maka apa yang sesungguhnya mendorong kemajuan ilmu-ilmu alam adalah refleksi kritis mengenai fenomena alam dari sudut hakikat ilmu pengetahuan, yakni epistemology atau logis (ilmu) tentang episteme (pengetahuan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar