Senin, 28 Maret 2016

FILSAFAT: Sebuah Perkenalan Singkat

Fransiska Wahyuning// 14140110196

            Filsafat berasal dari bahasa Yunani Kuno “philosophia” dan “ philosophos” yang berarti orang yang cinta pada kebijakan atau cinta pada pengetahuan. Pertama kali istilah filsafat digunakan oleh Pythagoras pada abad ke 6 SM. Istilah ini muncul karena masyarakat Yunani memngagumi kecerdasan Pyhtagoras yang mengetahui segala hal.
            Filsafat memiliki ciri- ciri sebagai berikut:
ü  Heran
ü  Rasa ingin tahu
ü  Bertanya- Tanya
ü  Mempersoalkan sesuatu
ü  Palng dasar: radikal dan menyeluruh
ü  Ada: realitas

Maka dari itu, hal pertama yang harus dimiliki jika seseorang berfilsafat adalah rasa ingin tahu yang kuat, terus bertanya- tanya, mempertanyakan, dan mempersoalkan. Contohnya: kenapa bumi bulat? kata bulat berasal dari mana? Apa dasar dapat dibilang bulat? Dalam hal ini, pencarian jawaban atas pertanyaan- pertanyaan itu dilakukan secara terus- menerus sampai menemukan jawaban yang paling mendekati benar. Maka dari itu, filsafat sering disebut sebagai “tanda tanya” , bukan “tanda seru.”  
Filsafat  membicarakan tentang alamsemesta, manusia, dan hewan. Sehingga hal ini menimbulkan persepsi bahwa
Filsafat = Ilmu + Pengetahuan = Filsafat

Berfilsafat memiliki ciri tertentu, yaitu konsisten, sistematis( mengikuti aturan dan alur), dan komprehensif ( melihat sesuatu secara tidak terpisah). Tidak hanya memiliki ciri, belajar filsafat juga memiliki cara tersendiri. Cara yang paling utama adalah harus menyiapkan keberanian untuk menguji secara kritis hal- hal yang diyakini. Walaupun berfilsafat tidak akan pernah selesai, tetapi filsafat memiliki manfaat yang sangat baik bagi kita. Salah satunya adalah sikap kemandirian secara intelektual dan memilki sifat menghargai. Karena, dalam berfilsafat kita harus menghargai berbagai sudut pandang berbeda yang dimiliki setiap orang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar