Minggu, 10 April 2016

TEMA POKOK DALAM ETIKA DAN FILSAFAT KOMUNIKASI

Anisa Novianti
14140110207


Hakikat komunikasi adalah proses ekspresi antarmanusia. Setiap manusia punya kepentingan masing-masing untuk menyampaikan pikiran/perasaan dirinya. Sehingga dengan demikian posisi manusia berada pada who dan whom. Atau “pembicara dan pendengar”

Definisi Manusia
3 aliran besar tentang manusia:
1.       Materialisme
2.       Idealisme
3.       Eksistensialisme

Kritik Eksistensialisme terhadap Materialisme
Aliran ini menentang aliran materialism yang mengatakan bahwa manusia hanya benda. Menurut aliran ini, manusia itu juga menghadapi dunia dan benda lain yang ada di dunia. Manusia juga mengerti arti barang yang dihadapi dan juga mengerti arti kehidupan. Manusia adalah subjek yang artinya sadar, sadar akan dirinya sendiri dan objek yang dihadapinya.

Kritik Eksistensialisme terhadap Idealisme
Idealisme ini hanya beranggapan bahwa manusia hanya sebagai subjek dan hanya memiliki kesadaran semata. Menurut aliran eksistensialisme, manusia adalah eksistensi dimana bukan hanya berperan sebagai objek dan subjek saja. Dan dalam hal ini, kesadaran lah yang jadi aspek utama yang membuat manusia istimewa dibanging makhluk lainnya.

Etos, Pathos, Logos
Komunikator harus melengkapi dirinya dengan tiga hal tersebut. Ethos adalah sumber kepercayaan yang ditunjukkan oleh seorang komunikator yang menunjukkan bahwa memang ia ahlinya sehingga sangat dipercaya. Pathos adalah tampilan emosi, komunikator harus memunculkan semangat dan gairah. Logos adalah argumentsi komunikasi yang harus masuk akal.

Komunikator Humanitis
Komunikator yang humanitis harus punya 4 ciri yaitu punya kepribadian, unik, aktif, dan sadar diri serta punya keterlibatan sosial.

Ekses Teknologi Komunikasi
Dalam hal teknologi komunikasi, tentu terdapat pengaruh negarif, antara lain adalah adanya perubahan gaya hidup seseorang, munculnya tantangan dalam karier, perubahan regulasi, dan pergeseran kekuatan.

Komunikasi Efektif dan Strategi Komunikasi
Menurut Wilbur Schramm ada “The Conditions of Succes in Communication”, yaitu
(1) Pesan harus dirancang dan disampaikan sedemikian rupa sehingga dapat menarik perhatian pendengar
(2) Pesan harus menggunakan lambing yang memiliki pengertian yang sama antara komunikator dan komunika agar saling mengerti
(3)  Pesan harus menumbuhkan kebutuhan pribadi komunikan
(4)  Pesan harus berkaitan dengan kebutuhan kelompok komunikan

Selain itu ada “Reach” sebagai hukum komunikasi efektif dimana reach ini merupakan kepanjangan dari
-          Respect (rasa hormat dan saling menghargai)
-          Emphatic (kemampuan untuk menenmpatkan diri pada situasi kondisi yang dihadapi orang lain)
-          Audible (dapat didengar dan dimengerti dengan baik)
-          Clarity ( kejelasan dari pesan)
-          Humble (sikap rendah hati)

Lalu sebagai komunikator juga penting untuk “Know Your Audience” dan aspek yang perlu diperhatikan adalah
-          Waktu yang tepat untuk suatu pesan
-          Bahasa yang digunakan agar pesan dapat dimengerti
-          Sikap dan nilai yang harus ditampilkan agar efektif
-          Jenis kelompok dimana komunikasi akan dilakukan

Faktor pada Komuikator
Yang perlu diperhatikan adalah : (1) Source credibility, yaitu sumber kepercayaan sehingga apa yang disampaikan dapat dipercaya oleh orang lain. (2) Source attractiveness,  hal yang mampu membuat ketertarikan komunikan sehingga mereka mau memperhatikan.

Hambatan Komunikasi
(1)    Gangguan komunikasi yang sifatnya mekanis/semantic
(2)    Kepentingan, yang menyebabkan seseorang selektif dalam menanggapi pesan
(3)    Motivasi terpendam
(4)    Prasangka, sebelum pesan disampaikan sudah timbul rasa curiga

Evasi Komunikasi
Merupakan pembelokkan komunikasi yang disengaja ataupun tidak disengaja. Evasi komunikasi meliputi: menyesatkan pengertian, mencacatkan pesan, mengubah kerangka referensi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar