Selasa, 07 Juni 2016

Strategi dan Propaganda Media



Media sudah menjadi makanan publik setiap harinya. Banyak terdapat konten yang dibutuhkan masyarakat, banyak pula konten yang mengandung kontraversi. Disini media memegang kuasa penuh terhadap apa yang disaksikian oleh masyarakat. Strategi media merupakan solusi perencanaan yang dilakukan suatu media, yang  meliputi proses penyusunan, rencana, penjadwalan yang menunjukan bagaimana waktu dan ruang periklanan akan mencapai tujuan pemasaran. Media seringkali memiliki cara yang untuk membuat publiknya tidak mengetahui kejadian apa yang sebenarnnya terjadi, berikut adalah strategi yang dimiliki media:

·        Strategi Pengalihan Isu (distraction)

·        Menciptakan masalah dan menawarkan solusinya

·        Strategi Gradual

·        Strategi Penundaan

·        Menganggap masyarakat sebagai anak kecil

·        Buat masyarakat cuek dan tetap terbelakang

·        Mendorong masyarakat untuk menerima kondisi terbelakang

·        Memanfaatkan sisi emosional

·        Membangkitkan rasa bersalah (self-guilt)

·        10.Mengenali masyarakat lebih daripada mereka mengenali dirinya sendiri

Kesadaran palsu merupakan sebuah konsep yang berasal dari teori Marxis dari kelas sosial yang menawarkan teori tujuan kelas. Konsep ini mengacu pada keliru sistematis hubungan sosial yang dominan dalam kesadaran kelas bawahan. Kalangan kelas bawah menderita kesadaran palsu dalam representasi mental mereka dari hubungan sosial di sekitar mereka secara sistematis menyembunyikan atau mengaburkan realitas subordinasi, eksploitasi, dan dominasi mereka hubungan mewujudkan, terkait mistifikasi, ideologi, dan fetisisme.

Pornografi adalah gambaran tingkah laku secara erotis, baik dengan gambar, tulisan, suara, reklame, iklan, maupun ucapan, baik melalui media cetak maupun elektronik yang dapat membangkitkan nafsu birahi.

Propaganda adalah usaha dengan sengaja dan sistematis, untuk membentuk persepsi, memanipulasi pikiran, dan mengarahkan kelakuan untuk mendapatkan reaksi yang diinginkan penyebar propaganda. Tujuannya adalah untuk mengubah pikiran kognitif narasi subjek dalam kelompok sasaran untuk kepentingan tertentu.
JENIS-JENIS PROPAGANDA
·        White propaganda sejenis ketepatan cerita atau berita yang ingin disampaikan. Propaganda jenis ini kebiasaannya akan melalui saluran yang dimonopoli oleh pihak pemerintah.

·        Black Propaganda adalah propaganda tersembunyi. Propaganda ini memberikan sumber informasi yang salah atau tidak tepat. Penyebar propaganda ini juga akan menyebarkan informasi palsu dan akan memberi kesan buruk kepada orang atau negara yang dituduh itu.

·        Grey Propaganda pula atau dengan kata lain sebagai propaganda ‘kelabu atau kabur’ adalah jenis propaganda yang kurang tepat tentang informasi atau berita yang disebarkan. Propaganda jenis ini biasanya tidak diketahui penyebar yang menyebarkan informasi tersebut.

·        Ratio Propaganda adalah sejenis propaganda yang positif. Propaganda jenis ini lebih menjurus ke arah perpaduan dan mencipta nama yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar