Media literacy
adalah berbagai aktivitas yang terkait dengan sikap kritis terhadap media. Perkembangan literasi media terbagi
dua yaitu dampak media dapat membahayakan khalayak terutama anak atau mereka hanya
sekedar melakukan pengkajian terhadap isi media saja. Di Indonesia interaksi
dan pola konsumsi anak dengan media intensitasnya cukup tinggi dan kurang
terkontrol. Literasi Media bersifat multidimensi , yaitu domain kognitif
yang mengacu pada proses mental dan proses berpikir.
Tujuan literasi
media adalah untuk menghasilkan warga masyarakat yang “well informed” serta
dapat membuat penilaian terhadapcontent media berdasarkan pengetahuan dan
pemahaman mereka terhadap media yang bersangkutan. Dalam media literasi ada tahap
yang bisa digunakan oleh individu untuk, memilah, menyeleksi informasi sesuai
dengan kebutuhan intelektual yang diinginkan, yaitu:
- Analyze : Menganalisa.
- Evaluate : Menilai
- Grouping : pengelompokkan.
4.
Recognize Symbols
: keahlian untuk mengidentifikasi dan memilah simbol-simbol.
- Explore : keahlian untuk memilih memutuskan informasi yang dibutuhkan dari suatu pesan
- Induksi : menyimpulkan suatu pola di set kecil elemen, maka pola generasi untuk semua dalam himpunan itu.
- Deduksi : menggunakan prinsip-prinsip umum untuk menjelaskan ke khusus.
- Sintesis : merakit unsur-unsur ke dalam struktur baru.
9.
Evaluation : menunjukkan
keahlian menilai elemen pesan dengan membandingkannya dengan kriteria-kriteria
tertentu
- Abstrak : menciptakan singkat, jelas, dan gambaran tepat menangkap esensi dari pesan dalam sejumlah kecil kata-kata daripada pesan itu sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar